Review: Jadi Reseller Yubi Store

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menjadi reseller Yubi Store. Sebelumnya, untuk yang belum mengetahui apa itu Yubi Store, berikut ulasannya.

Yubi merupakan singkatan dari Yuk Bisnis, yubistore sendiri merupakan toko online yang merupakan perpanjangan tangan para produsen lokal untuk memasarkan produknya, jadi mirip seperti tokobagus, lazada, atau zalora lah ya. Barang yang dijual-pun beragam mulai dari fashion pria dan wanita (tas, sepatu, baju), ebook, bahkan produk herbal.

Saya mengetahui tentang Yubi ini karena ada salah seorang teman yang sangat saya percaya, teman satu kampus dulu, yang kerja di Yubi ini dan membagikan tautan tentang diskon produk di laman facebook nya. Dari situ saya akhirnya mengetahui bahwa ada yang namanya program Yubi Juragan, yaitu menjadi reseller dari produk yang ada di situsnya Yubi ini (Jadinya reseller-nya reseller, begitulah). Saya tertarik karena saat itu saya sedang sibuk dengan kuliah S2 saya, tetapi sangat ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Karena depositnya terbilang terjangkau ( satu juta rupiah ++), dan produk-produk tas yang ada di Yubi ini saya lihat bagus sekali (ada Evrawood, Taylor Fine Goods, Bigmo, dll), maka saya memutuskan untuk bergabung, hari itu juga.

Pertimbangan saya yakin mendepositkan uang saya di Yubi ini terutama karena saya ada kenal baik dengan seseorang di sana, sehingga jika ada masalah di kemudian hari akan lebih mudah mengatasinya, dan saya tidak perlu khawatir tertipu.

Saya kemudian mengiklankan barang-barang tersebut melalui grup facebook, bbm, dan wa. Saya tidak ingin sistem dropship karena saya ingin yakin bahwa barang yang akan sampai ke customer dalam keadaan baik dan sesuai dengan deskripsi dan gambar di website, sehingga semua pembelian yang dilakukan oleh customer saya, saya minta Yubi untuk mengirimkannya ke alamat saya terlebih dahulu. tidak masalah saya untungnya sedikit karena harus dobel ongkos kirim, tapi saya yakin customer saya mendapatkan apa yang dia mau.

Secara keseluruhan saya sangat kecewa dengan pelayanan Yubi ini. Bikin stress. Gimana ga, cs nya ini benar-benar ga ngerti apa-apa kecuali senyum manis sepertinya. Karena setiap pertanyaan hanya dijawab dengan “Baik ibu, akan kami tanyakan dulu ke bagian Gudang” –> kalau saya nanya stok, “Baik ibu, akan kami tanyakan dulu ke koordinatornya” –> kalau saya nanya sisa deposit,  “Baik ibu, mohon ditunggu” —> versi lain jawaban yang kemudian membuat saya menunggu sampai besoknya, setelah saya tagih lagi jawabannya.

Kalau saya tanya tentang produk yang ready stock, jawabannya: “Untuk stok yang ready bisa diinfokan ke saya, Ibu mau yang produk apa?” Plis deh, ini kan gw mau jualan lagi yah..masa’ gw iklanin dulu tu produk-produk yang blm jelas stok nya terus kalo ada customer yang nanya baru gw tanya dulu ke dia dan nunggu jawabannya seharian dan bikin pelanggan gw nunggu seharian…gilak..

Oke, itu gw masih sabar. Gw jawab dengan tes ngasih kode produk yang menurut gw bagus dan banyak nih temen gw yang bakalan suka. Dan jawabannya adalah “Produk yang ibu tanya sudah sold out, Bu”…Oh Tuhan, berikan aku kesabaran..

dan dia jawab “Untuk lebih update bisa liat di web nya, ibu”

See? ngerti ga gw sebelnya dimana? Itu di web nya gw liat masih ada stock 3, di web bilangnya untuk info lebih lanjut, hubungi cs, terus kata cs stok nya habis, tapi yang lebih update websitenya. Sakit!

Terakhir gw pesen produknya Yubi dan berhubungan sama cs yang bikin tekanan darah gw naik itu 8 bulan yang lalu. Deposit gw masih ada sekitar setengahnya disana. Hari ini gw ngubungin cs nya lagi, dan berencana mau ngabisin deposit gw dan ga berhubungan lagi sama si Yubi ini.

Dan OMG, walaupun cs nya udah ganti, tapi pelayanannya belum berubah cuy! si cs ini masih ga tau apa-apa, masih cuma bisa senyum manis bilang makasih dan maap terus-terusan.

Gw sangat tidak menyarankan siapapun untuk menjadi reseller Yubi ini kalau si Yubi Store ini kelakukannya masih ga berubah. Rugi dan bikin sakit.

Tinggalkan komentar